Ombudisman RI : Pemerintah Tak Boleh Alergi Terhadap Aduan Masyarakat

oleh -158 views
Pemerintah Tak Boleh Alergi Terhadap Aduan Masyarakat

BERITADALAM.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus menjelaskan, kritik warga pada penyelenggaraan servis khalayak mutlak jadi bahan penilaian peraturan.

Pemerintahan sebagai pelaksana service, jangan alergi pada saran, protes, dan kritikan warga sebagai stakeholder khusus dalam servis khalayak.

Hal itu dikatakan Bobby Hamzar Rafinus dalam Tatap muka Pengokohan Loyalitas Penerapan SP4N-LAPOR! di Enam Daerah Percontohan yang diadakan lewat virtual, Selasa (23/3/2021).

Menurut dia, banyaknya aduan warga bukan bermakna servis publiknya jelek, begitu juga kebalikannya.

“Kita tidak dapat kembali ‘alergi’ pada aduan warga. Karena di sejumlah wilayah, malah data aduan warga menjadi pangkalan pengubahan peraturan dalam kenaikan kualitas servis publiknya,” kata Bobby.

Bobby memandang, Mekanisme Pengendalian Aduan Servis Khalayak Nasional – Service Inspirasi dan Aduan Online Rakyat atau yang disebutkan SP4N-LAPOR!, bukan sekedar hanya program aduan.

Tetapi, dapat digunakan sebagai proses dan database untuk ambil keputusan yang partisipatif dan berbasiskan data.

Ombudsman RI sebagai pengawas external servis khalayak melihat pengokohan loyalitas dari beberapa pimpinan instansi dan kepala wilayah ini sebagai satu hal yang diperlukan.

“Ini sebagai modal awalnya yang kuat untuk tingkatkan pengendalian aduan di lembaga pelaksana servis khalayak,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *