197 Napi Nusakambangan Positif COVID-19

oleh -66 views
197 Napi Nusakambangan Positif COVID-19

BERITADALAM.COM, JAKARTA – Sekitar 197 terpidana penghuni Instansi Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa tengah terverifikasi positif Covid-19.

Kabag Humas dan Prosedur Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjenpas Kemenkumham) Rika Aprianti menjelaskan, beberapa narapidana yang positif ditaruh dalam sel khusus.

“Sekitar 197 terpidana terverifikasi positif dan pengatasannya mereka dirawat dengan peletakan di blok khusus terpisah dengan terpidana yang terverifikasi negatif sesudah diswab antigen,” kata Rika ke Tribunenews.com, Selasa (23/3/2021).

Kata Rika, resiko pandemi virus corona ini menjadi persoalan nasional.

Soalnya, tiap lapas dan rumah tahanan (rutan) telah mengaplikasikan prosedur kesehatan semenjak pemerintahan memutuskan pandemi virus corona sebagai musibah nasional pada Maret 2020.

Semenjak waktu itu, implementasi prosedur kesehatan juga sudah diterapkan, seperti menghentikan lawatan langsung terpidana yang ditukar dengan video call, sidang online, dan narapidana seminimal kemungkinan masuk keluar dari lapas/rutan.

“Prokes (prosedur kesehatan) yang diaplikasikan, dari masuk, dilihat temperatur, bersihkan tangan, dan sebagainya. Tetapi satu kali lagi, petugas kita yang bolak-balik, kan kita tidak dapat menghindar, karena mereka tinggal di dalam rumah, ada babak perjalanan, karena kita tidak dapat memberikan WFH (work form home) petugas lapas karena diwajibkan teratur (menjaga) di lapas dan rutannya. Kita meminimalkan kekuatan itu dengan prokes yang ketat sekali,” kata Rika.

Awalnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana menjelaskan kasus corona di Lapas Nusakambangan berawal pada 1 Maret 2021.

Pada waktu itu, disampaikan ada alumni Politeknik Pengetahuan Pemasyarakatan (Poltekip) Angkatan 51 yang dipastikan positif Covid-19 sekitar tiga orang. Selanjutnya dilaksanakan isolasi mandiri.

Selanjutnya pada tanggal 3 Maret 2021, Petugas Lapas bekerjasama dengan Team Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap untuk tracing kasus Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *